PENGERTIAN
GAME
Teori
Permainan (Game theory)
teori permainan (game
theory) adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan
dan konflik antara berbagai kepentingan. Teori ini dikembangkan untuk
mmenganalisa proses pengambilan keputusan dari situasi-situasi persaingan yang
berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih kepentingan. Dalam permainan, pihak
pertama disebut dengan pemain baris sedangkan pihak kedua disebut pemain kolom.
Anggapannya adalah bahwa setiap pemain (individual atau kelompok) mempunyai
kemampuan untuk mengambil keputusan secara bebas dan rasional.Teori permainan
merupakan metode analisis ekonomi mikro pada tingkat menengah mengenai
pengambilan keputusan. Dalam pengambilan keputusan terdapat strategi yang
bersifat interaktif di antara pelaku-pelaku ekonomi. Proses tersebut dapat
dianalisis dalam berbagai model permainan.
Teori permainan pertama
kali ditemukan oleh sekelompok ahli Matematika pada tahun 1944. Teori itu
dikemukakan oleh John von Neumann and Oskar Morgenstern yang berisi :
“Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”
“Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”
Bagian-bagian pada game theory:
1. One-shot : contohnya jika dua orang bertemu dan tahu bahwa mereka hanya akan sekali saja bertemu, terjadi kasus dimana mereka tidak menjaga reputasi mereka. Mereka berbuat buruk karena tahu bahwa tindakan mereka tidak akan menimbulkan tindakan lain di kemudian hari.
2. Repeated; finite ; terjadi misalkan ketika orang tahu bahwa 10 hari lagi dia akan mati. Maka segala ekspektasi tersebut mengubah behaviornya untuk berpikir mengenai hari akhir ke-10. Ini membuat orang menjadi desperate dan bertindak di luar dugaan atau disebut juga efek akhir.
3. Repeated; infinite: terjadi dimana seseorang menjaga reputasinya karena ia yakin akan berinteraksi dengan pihak lain in the near future and more
DEFINISI
GAME
Game berasal dari kata
bahasa inggris yang memiliki arti dasar Permainan. Permainan dalam hal ini
merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual” (intellectual playability).
Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada
target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada
tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan
secara maksimal. Pada awalnya, game identik dengan permainan anak-anak. Kita
selalu berpikir game merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak
yang dapat menyenangkan hati mereka. Dengan kata lain, segala bentuk kegiatan
yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap
target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada
kesempatan ini adalah game yang terdapat di komputer, baik off line maupun
online. Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola
industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan
menarik untuk para pemainnya.
Hal inilah yang membuat
perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar
permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara
untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya. Jadi,
bermain game adalah suatu proses “fine tuning” (atau penyamaan frekuensi) dari
logika berpikir anak-anak kita dengan logika berpikir aplikasi komputer yang
canggih tadi. Pada saat bersamaan, game juga secara nyata mempertajam daya
analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan
cepat yang jitu. Namun, tentu saja kenyataan juga harus kita masukkan kedalam
perhitungan. Kenyataan itu diantaranya adalah kecanduan para pemain /
penggunanya yang akut terhadap permainan komputer semacam ini. Mereka bisa lupa
segala-galanya akan tugas mereka yang lain termasuk tugas menuntut ilmu.
JENIS-JENIS
GAME
Jenis-jenis game
biasanya digunakan untuk mengkatagorikan sebuah game berdasarkan dari interaksi
gameplay daripada perbedaan tampilan atau narasi. Sebuah jenis game dapat
didefinisikan dengan kumpulan dari sebuah tipe permainan dari game tersebut.
Game-game tersebut dapat diklasifikasikan dengan berbagai pengaturan atau dari
konten dari isi game tersebut, tidak seperti hasil fiksi seperti films ataupun
buku. Sebagai contoh, sebuah game action tetap saja disebut game action,
biarpun game tersebut mengambil tempat di dunia fantasi ataupun di ruang
angkasa.
Action
Sebuah game action
membutuhkan pemain dengan kecepatan reflex, akurasi, dan ketepatan waktu untuk
menghadapi sebuah rintangan. Ini adalah dasar dari kebanyakan sebuah jenis
game, dan salah satu yang dibutuhkan oleh pemain. Game action biasanya
mempunyai gameplay yang berhubungan dengan pertarungan. Banyak sekali sub jenis
dari game action, contohnya fighting games dan first-person shooters.
Beat
'em up/ Hack and Slash
Game Beat 'em up dan
hack and slash mempunyai ciri pertarungan jarak dekat antara satu dengan banyak
musuh. Jenis game ini menjadi populer pada tahun 1987 dengan di rilisnya Double
Dragon, yang disusul oleh banyak game yang mirip dengan game tersebut.
Fighting
Game
Game fighting biasanya
mempunyai ciri pertarungan satu lawan satu antara dua karakter, yang dimana
salah satu dari karakter di kendalikan oleh komputer. Salah satu contoh game
fighting adalah Street Fighter II.
Maze
Game
Game Maze biasanya
mempunyai tempat bermain yang berisikan maze atau teka-teki, yang dimana pemain
harus menggerakan/menavigasikan. Salah satu game maze yang paling terkenal
adalah Pac-Man.
First-Person
Shooter
Game First-Person
Shooter, yang biasanya dikenal dengan sebutan FPS menekankan pemotretan dan
tempur dari perspektif karakter yang dikendalikan oleh pemain. Perspektif ini
dimaksudkan untuk memberikan pemain perasaan "berada di sana", dan
memungkinkan pemain untuk fokus pada bidikan. Contoh game seperti ini antara
lain Team Fortress, Halo, Killzone, Metroid Prime, Unreal Tournament, Call of
Duty, TimeSplitters, masih banyak lagi.
MMOFPS
MMOFPS
Game massively multiplayer online first person shooter (MMOFPS) adalah jenis dari game massively multiplayer online yang menggabungkan game first person shooter dengan dunia maya di mana sejumlah besar pemain dapat berinteraksi melalui internet. Sedangkan game FPS standar membatasi jumlah pemain untuk mampu bermain dalam pertandingan multiplayer. ratusan pemain dapat bertempur satu sama lain pada server yang sama dalam sebuah MMOFPS.
Action-Adventure
Game action-adventure menggabungkan unsur-unsur jenis komponen antara game action dan game adventure, biasanya menampilkan rintangan yang berjangka panjang yang harus diatasi menggunakan alat atau item sebagai alat bantu dalam mengatasi rintangan, serta rintangan yang lebih kecil yang hampir terus-menerus ada. Game action-adventure pertama adalah game Adventure (1979) dari Atari 2600.
Dibawah
ini adalah jenis atau klasifikasi beberapa game :
*
Simulation Games
Video Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia
di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil
berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung
hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau
menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun
konglomerasi, dari jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium
cloning. Video Game jenis ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan,
membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas. Contoh:
Sim City, The Sims, Tamagotchi.
*
Organizational-Dynamic Games
Game Online adalah game yang menggunakan internet
network sehingga game ini dapat di mainkan atau di akses oleh siapa saja.
Selain itu game ini juga tidak hanya dapat di akses oleh penduduk lokal saja
tetapi bahkan hingga keluar negeri.
*
First Person Shooter(FPS)
Sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang
pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game
tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan
senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game
tembak-tembakan). Contoh : Call of Duty, Counter Strike, Half Life dan
sebgainya.
*
Real-Time Strategy(RTS)
Merupakan game yang permainannya menekankan kepada
kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter
saja akan tetapi banyak karakter.
*
Cross-Platform Online
Merupakan game yang dapat dimainkan secara online
dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat
dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan
hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat
bermain secara online).
*
Browser Games
Merupakan game yang dimainkan pada browser seperti
Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini
adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
*
Massive Multiplayer Online Games
Game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya
besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti
halnya dunia nyata
Contoh dari beberapa macam game online adalah :
- Ragnarok Online
- RF online
- Perfect World
- Yugioh! Online
- Ayo dance!
- Rohan Online
- dll.
- RF online
- Perfect World
- Yugioh! Online
- Ayo dance!
- Rohan Online
- dll.
*
Casual games
Sesuai namanya, game yang casual itu tidak kompleks,
mainnya rileks dan sangat mudah untuk dipelajari ( bahkan cenderung langsung
bisa dimainkan ). Jenis ini biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang
standar pada jamannya dan ukurannya tidak lebih dari 100 MB karena biasanya
dapat di download versi demo-nya di website resminya. Genre permainannya
biasanya puzzle atau action sederhana dan umumnya dapat dimainkan hanya
menggunakan mouse ( biasanya game lain menggunakan banyak tombol tergantung
game-nya ). Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy,
Insaniquarium.
Teknologi
Software
setelah kita menyimak
tentang definisi dari game serta jenis-jenisnya, pastinya kalian penasaran kan
tentang bagaimana game tersebut dibuat? berikut ini akan menjelaskan tools yang
mendukung dalam suatu pembuatan game yaitu Game Engine. Game Engine adalah
sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan melakukan
pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk
bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti
Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Fungsionalitasinti biasanya disediakan
oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D
grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script,
animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading,
dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering
dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk
menciptakan permainan yang berbeda.
Mesin permainan
biasanya menyediakan platform abstraksi, yang memungkinkan permainan yang sama
untuk dijalankan pada berbagai platform termasuk game konsol dan komputer
pribadi dengan sedikit, jika ada, perubahan yang dibuat untuk permainan kode
sumber. Mesin permainan yang sering digunakan untuk jenis aplikasi interaktif
real-time dengan persyaratan grafis seperti pemasaran demo, visualisasi
arsitektur, latihan simulasi, dan pemodelan lingkungan. Beberapa mesin
permainan hanya menyediakan waktu-nyata, bukan kemampuan render 3D dari beragam
fungsi yang diperlukan oleh permainan. Mesin ini mengandalkan permainan
pengembang untuk melaksanakan seluruh fungsi ini atau merakit dari komponen
middleware permainan lainnya.
Mesin jenis ini umumnya
disebut sebagai “mesin grafis,” “mesin rendering,” atau “mesin 3D” bukannya
yang lebih mencakup istilah “mesin permainan.” Namun, terminologi ini tidak
konsisten digunakan sebagai banyak fitur lengkap mesin game 3D disebut hanya
sebagai “mesin 3D.” Beberapa contoh dari mesin grafis adalah: RealmForge,
Truevision3D, ogre, Crystal Space, Genesis3D, Irrlicht dan JMonkey Engine.
Permainan modern atau mesin grafis umumnya memberikan adegan grafik, yang
merupakan berorientasi objek representasi dari dunia permainan 3D yang sering
menyederhanakan desain permainan dan dapat digunakan untuk rendering lebih
efisien dari dunia maya yang luas. Beberapa jenis game engine :
*
Freeware game engine/open source game engine
• Blender
• Golden T Game Engine (GTGE)
• DXFramework
• Ogre
• Aleph On
• Golden T Game Engine (GTGE)
• DXFramework
• Ogre
• Aleph On
*
Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
• Alamo
• A.L.I.V.E
• BigWorld
• DXStudio
• Dunia Engine
• Euphoria
• GameStudio
• A.L.I.V.E
• BigWorld
• DXStudio
• Dunia Engine
• Euphoria
• GameStudio